Yuk, Ajak Anak Mengenal Bintang dengan Stellarium!

Anak Anda atau mungkin Anda sendiri pecinta langit malam? Memandang langit malam yang bertabur bintang memang sangat menyenangkan, dan mungkin software yang satu ini patut Anda coba, yaitu Stellarium.

Dari namanya, stellarium berasal dari kata ‘stellar’, yang artinya bintang. Stellarium merupakan software yang mensimulasikan bintang – bintang baik siang maupun malam secara realtime atau seperti pada kondisi sesungguhnya. Tidak hanya menampilkan bintang-bintang saja, namun juga planet, galaksi, nebula, cluster dan objek astronomi lainnya.

Stellarium sendiri dikembangkan pada tahun 2001 oleh seorang programmer dari Perancis, Fabien Chéreau. Stellarium ini dikembangkan di bawah lisensi GNU (General Public License), sehingga software ini terbuka (open source) dan free!

Menarik bukan? Software ini cukup mudah untuk ditelusuri, sehingga Anda bisa mengajak anak Anda menelaah berbagai nama dan macam bintang. Anda bisa unduh pada website resminya, www.stellarium.org.

Happy Skygazing!

(Dikutip dari berbagai sumber) – See more at: http://www.kesekolah.com/solusi-pendidikan/yuk-ajak-anak-mengenal-bintang-dengan-stellarium.html#sthash.b1I4ClQv.dpuf

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *