Ingin Menjadi Guru PAUD yang Disenangi Anak – Anak? Baca Berikut ini

Guru merupakan seseorang yang memberikan pendidikan kepada orang lain. Menjadi guru yang baik sangat penting untuk memicu pikiran dan membentuk masa depan bangsa. Kualitas yang penting dari seoang guru adalah kesabaran, pengertian, dan semangat. Guru yang baik bisa berpengaruh pada anak didiknya menjadi unggul dan berprestasi.

Tentu seorang guru ingin keberadaannya disukai anak – anak, terutama anak usia dini seperti TK atau PAUD. Sebab anak – anak usia dini memerlukan kenyamanan belajar dengan gurunya. Namun, bukan pekerjaan mudah menjadi seorang guru TK atau PAUD. Tentunya butuh kesabaran dan ketelatenan agar tujuan dari pengajaran bisa tercapai dengan baik.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk menjadi guru yang baik dan disukai anak – anak dalam kelas:

1. Memahami kemampuan dan kondisi anak-anak

Anak-anak PAUD memiliki kemampuan, kebutuhan, dan kebiasaan yang berbeda-beda. Tugas pertama yang harus dilakukan yaitu mengidentifikasi dari kemampuan dan kondisi masing-masing anak. Tidak dianjurkan para guru untuk membanding-bandingkan anak yang satu dengan anak yang lain. Dengan pengidentifikasian ini maka kita akan mengenal karakter anak. Dengan memahami hal ini maka kita akan bisa melakukan pendekatan kepada anak-anak dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan karakter dan kemampuan anak. Untuk membantu lebih mengenal dengan anak maka menjalin komunikasi dengan orang tua harus dilakukan. Tanyakan tentang kondisi si anak tersebut kepada orang tuanya.

2. Menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman

Banyak hal yang bisa dilakukan agar kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan. Yang terpenting adalah jangan memarahi anak ketika anak membuat kesalahan. Biarkan anak untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah mereka lakukan.

3. Tambah wawasan dan pengetahuan

Salah satu hal yang paling disuka anak-anak adalah cara pengajaran yang menyenangkan dan tidak monoton. Kegiatan belajar mengajar yang monoton akan membuat anak-anak cepat bosan hingga akhirnya anak-anak akan lebih senang beraktifitas sendiri-sendiri. Untuk mengantisipasi hal ini maka kita harus lebih kreatif.

4. Berikan yang terbaik

Jadilah guru yang profesional. Bedakan antara permasalahan di rumah dengan permasalahan di sekolah. Pastikan bahwa kita memiliki kesiapan untuk mengajar. Maka dari itu persiapkan secara baik materi yang akan disampaikan jauh-jauh hari agar pikiran kita bisa lebih siap untuk mengajar.

5. Sabar dan telaten

Anak-anak usia dini memang memiliki pola belajar yang berbeda bila dibandingkan dengan anak-anak SMP maupun SMA. Mengajar PAUD diperlukan kesabaran lebih karena memang anak-anak yang masih senang bermain bila dibandingkan dengan belajar. Hindari sikap kasar kepada anak dan jalinlah ikatan positif agar anak tetap nyaman bersama kita.

Menjadi guru yang disuka anak-anak memang memerlukan waktu dan proses. Banyaklah belajar dari pengalaman dan senantiasa eveluasilah hal yang sudah kita berikan baik itu untuk sekolah ataupun anak-anak.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)
– See more at: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/kiat-menjadi-guru-paud-yang-disenangi-anak-anak.html#sthash.3GQOY1zJ.dpuf

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *