Ingin Memberikan Tablet PC untuk Anak? Pertimbangkan Ini Dulu..

Perkembangan pesat di zaman modern ini memang tidak dapat dihindari. Mau tak mau kita harus mengikuti arus globalisasi yang memiliki kemajuan yang cepat. Apabila kita bersikap masa bodoh untuk mengikuti perkembangan zaman, maka anda akan tergilas oleh roda zaman. Sama seperti dengan Dunia pendidikan.
Dunia pendidikan erat kaitannya dengan kemajuan zaman karena cikal bakal pesatnya teknologi yang kita rasakan manfaatnya adalah adanya pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan juga harus mengikuti zaman. Teknologi yang diciptakan oleh orang-orang pintar digunakan untuk memudahkan kita dalam berbagi informasi dan menerima informasi.

Penggunaan teknologi berkaitan erat dengan penggunanya seperti halnya siswa. Jika dibandingkan dengan laptop, Tablet PC lah yang sering menjadi pilihan bagi siswa untuk mengenyam pendidikan karena selain mudah digunakan, tablet PC ringan dan praktis untuk dibawa kemana saja. Nah, bagi Anda yang ingin membelikan tablet PC kepada anak untuk pendidikan disekolah, Anda harus mempertimbangkan matang-matang tablet jenis apa yang cocok untuk membantu anak belajar.

Apa saja yang patut dipertimbangkan ketika memilih tablet PC untuk anak? Yuk kita lihat beberapa anjuran dalam memilih tablet PC untuk belajar.

1. Pertimbangkan tujuan penggunaan Tablet PC.
Tentukan dulu apa yang lebih dominan untuk digunakan. Misalnya untuk mencatat penjelasan guru. Maka tablet PC dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Ada beberapa aplikasi dari Tablet PC yang dapat digunakan untuk mencatat apa yang telah ditulis. Catatan atau ketikan yang telah ditulis bisa ditransfer ke memori penyimpanan dengan kabel USB. Namun apabila data file memiliki kapasitas yang agak besar, sebaiknya diperhitungkan apa saja data yang masuk agar tidak terjadi nge-hang pada tablet PC. Untuk menghindari hang pada tablet PC, Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Surface RT.

2. Mobilitas dan kemudahan dalam penggunaan
Jika tablet PC hanya dibawa hanya sekali-kali saja, bukanlah suatu masalah dengan tebal dan beratnya tablet PC. Namun jika sering dibawa setiap hari, maka tablet PC bisa saja memberatkan anak-anak karena berat meskipun banyak tablet PC yang menjanjikan dengan fitur ringan dibawa.

3. Tahan lama
Ini adalah salah satu faktor penting dalam memilih tablet PC pada anak mengingat gadget satu ini memiliki harga yang bisa dikatakan mahal. Carilah tablet PC yang memiliki umur yang panjang atau tahan lama ketika digunakan sehari-hari saat disekolah maupun dirumah.

4. Pilih daya baterai yang besar
Mungkin pada bagian ini banyak orang acuh tak acuh tentang baterai atau daya pada alat elektronik seperti halnya pada tablet PC. Nah, baterailah yang membuat Anda dapat menggunakan tablet PC secara maksimal. Apabila baterai kehabisan daya, maka tablet PC tidak dapat digunakan untuk sementara waktu karena membutuhkan daya listrik. Anda akan kesal jika tablet PC yang dibutuhkan ternyata low battery. Oleh karena itu, tentukan dan pilih tablet PC yang mempunyai mAh yang besar pada tiap Tablet PC sehingga anda tak perlu khawatir tablet PC low battery ketika dibutuhkan.

Tidak lupa untuk memeriksa kelengkapan dari tablet PC yang telah anda beli nantinya seperti kabel USB dan alat charging tablet PC tersebut.

(Disadur dari Edudemic.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *