Pilih Teknologi yang Tepat untuk Kelas Anda!

Dengan teknologi edukasi yang berkembang pesat, para guru akan menemukan lebih banyak solusi untuk kelas dibandingkan sebelumnya. Ketika kita memiliki banyak pilihan, hal itu sangat bagus tapi kadang itu akan membuat guru bingung untuk memilih teknologi yang tepat untuk kelasnya.Di kemudian mungkin guru akan bertanya mengenai solusi yang ingin dipilih, cobalah untuk melihat situasi ini dari sudut pandang siswa. Solusi apa yang menurut mereka menarik dan membuat kelas lebih aktif? Apa yang membuat mereka belajar lebih giat? Apa yang mereka pikir itu akan mudah digunakan dan membantu dalam pelajaran?

Dan beberapa hal dibawah bisa digunakan ketika para guru mencoba menerapkan teknologi edukasi dalam kelas:

Cobalah satu teknologi di satu waktu. Mencoba terlalu banyak teknologi dalam satu waktu dapat menghasilkan pengalaman yang negatif. Seberapa baik teknologi yang anda gunakan dalam kurikulum harusnya menjadi pertimbangan apakah ini adalah teknologi yang tepat.

Fokus pada teknologi yang memberikan kesempatan siswa untuk melakukan kreatifitas. Pilihlah teknologi yang bisa melibatkan siswa untuk aktivitas belajar di sekolah, dengan begitu siswa bisa belajar untuk membuat sesuatu yang baru, cara terbaik untuk mempelajari suatu adalah siswa mempraktekannya sendiri.

Cari tahu bagaimana pendidik lain menggunakannya. Teknologi baru bermanfaat jika kita tahu cara yang bagus mengintegrasikannya kedalam pengajaran/kurikulum. Beberapa guru mulai menggunakan twitter dan facebook mereka untuk saling berbagi mengenai hal ini. Cara lain untuk mendapatkan ide adalah menemukannya di internet mengenai pengalaman guru yang telah memakai teknologi ini.

Test teknologi baru di sekolah sebelum menggunakannya di kelas. Pastikan bahwa teknologi ini bisa jalan sebelum menggunakannya di kelas dimana anda bisa menilai apakah anda sudah cukup mahir untuk menggunakan di kelas anda, dan periksalah kebijakan sekolah apakah teknologi tersebut boleh dijalankan di kelas.

Bersedia untuk gagal. Menambahkan konten digital kedalam pelajaran anda akan membuka pintu kesempatan berbuat kesalahan. Tetapi pendidik yang terus berusaha untuk belajar dalam menggunakan teknologi di kelas akan menemukan pengalaman yang jauh lebih besar dan berharga. Tapi pastikan anda memiliki rencana cadangan-pen dan kertas akan membantu anda di suasana sulit yang tidak bersahabat. “Alat tidak mendikte sebuah pengajaran, Alat akan memajukan pengajaran”

“Jika sebuah pencil patah, ambil pencil lainnya dan terus lanjutkan”

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *