Mengapa Internet Sehat untuk Anak Itu Penting?

Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi (IT) atau internet dewasa ini,terkadang belum dibarengi dengan adanya pemahaman terhadap penggunaan internet secara baik dan sehat, khususnya bagi pengguna internet dikalangan anak usia dini. Internet merupakan salah satu kebutuhan penting manusia baik itu untuk anak-anak maupun orang tua. Karena dengan internet maka kita akan bisa mendapatkan informasi yang sangat cepat dan bisa diakses dari mana saja. Maka tak heran apabila perkembangan internet di Indonesia juga mengalami peningkatan yang luar biasa dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak.

Meskipun internet memberikan dampak positif untuk kehidupan sehari-hari akan tetapi internet juga bisa memberikan ancaman yang luar biasa baik itu untuk keluarga ataupun anak-anak. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tidak terjebak ke dalam dunia internet yang cenderung merugikan. Oleh karena itu para orang tua hendaknya mengawasi aktivitas anak dalam berinternet .Kewaspadaan terhadap segala kegiatan anak dalam berselancar di dunia maya menjadi penting dikarenakan sangat beragamnya informasi yang hadir terutama informasi-informasi negatif. Informasi negatif tersebut tidak bisa dicegah namun kita hanya bisa menyaringnya baik itu dengan mengingatkan anak ataupun dengan memasang software pengaman di komputer kita.

Dalam memberikan pengawasan kepada anak hendaknya para orang tua mengutamakan kualitas daripada kuantitasnya. Para orang tua harus cerdas dalam memberikan pendidikan internet positif kepada anak. Kita bisa sedikit memberikan kebebasan kepada anak untuk bereksplorasi namun sesekali perlu untuk menemani anak berinternet untuk mencari informasi. Salah satu cara yang baik dalam menanamkan pendidikan internet positif kepada anak adalah dengan memberikan pemahaman yang baik kepada anak. Hal-hal yang baik dan buruk harus kita jelaskan kepada anak. Pondasi pertama yang harus dibangun adalah pemahaman akan agama. Dengan pemahaman agama yang baik maka si anak akan lebih mudah kita ajari untuk menfilter informasi-informasi yang tidak boleh diakses.

Hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah dengan membangun komunikasi efektif kepada anak. Komunikasi ini sangat penting karena dengan komunikasi yang baik akan membuat anak lebih terbuka kepada orang tua. Diskusi aktif antara orang tua dengan anak akan membangun kedekatan dan tentunya akan membantu mengoptimalkan kecerdasan anak baik itu ketika di sekolah ataupun ketika anak mencari informasi positif di internet. Orang tua hendaknya jangan lengah dikarenakan kesibukkan aktivitasnya sehingga komunikasi kepada anak hanya sangat sedikit sekali.

Hal lain yang bisa kita lakukan yaitu dengan memasang parental software atau software pemblokiran. Hal ini bisa sedikit mengerem dan mengendalikan anak dalam mengakses ataupun anak tidak sengaja mengklik informasi negatif. Namun efektivitas alat bantu ini sangatlah minim karena anak bisa saja mengakses dari handphone ataupun anak pergi ke warnet. Oleh karena itu yang menjadi perhatian penuh adalah software yang harus terpasang pada anak kita yaitu kepandaian anak dalam memilih dan memilah informasi yang ada di internet. Selain itu dalam memberikan pengawasan kepada anak kita bisa melakukan check history browser pada komputer. Apabila kita menemukan yang negatif maka kita tidak serta merta terus memarahi anak dan memberikan pelarangan kepada anak. Tapi yang terbaik yaitu mencari solusi agar bisa bermanfaat untuk kedua belah pihak yaitu orang tua dan anak karena pelarangan bukanlah jalan yang terbaik.

Dunia intenet memang tidak bisa kita bendung, namun yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan zaman. Internet merupakan dua mata pisau yang bisa saja melukai ataupun bisa memberikan manfaat untuk anak dan keluarga kita

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *