Buat Kupu-Kupu dari Kawat Yuk!

pu – kupu memang indah dilihat ketika sedang mengembangkan sayapnya. Tidak heran banyak orang yang kagum dan ingin memiliki kupu-kupu dengan cara menangkapnya. Tapi jika anda menangkap kupu-kupu secara besar-besaran bisa jadi populasi kupu-kupu akan terancam juga.

Untuk mencari kupu-kupu tidaklah harus menangkapnya. Lalu bagaimana? Kita bisa membuat tiruannya yang tidak kalah cantiknya dengan kupu-kupu yang asli. Tertarik? Yuk kita lihat tutorialnya!

Sebelum membuat kupu-kupunya, tentu saja harus siapkan bahannya seperti:

· Kawat berukuran 24
· Kertas karton berwarna (untuk warna bisa di sesuaikan sesuai dengan selera)
· Gunting
· Gelang karet silikon
· Tang
· Isolasi
· Kuas
· Spidol hitam
· Cat berwarna putih/tipe X

Sudah siapkah semua bahan-bahan diatas? Jika sudah, tidak perlu berlama-lama lagi untuk memulai pembuatan karya kreatif ini.

1. Pertama – tama, ambil kawat dan potong kawat dengan menggunakan tang untuk pembuatan sayap kupu-kupu dan badan kupu-kupu. Untuk sayap atas, potong kawat sampai 4,4 inchi (11,2 cm) dan 5 inchi(12,7 cm) untuk badan kupu-kupu.

2. Sama ratakan panjang kawat tadi dengan membuat lubang di tengah-tengah panjang kawat sehingga kawat sama panjang. Untuk membuat lubangnya, anda dapat menggunakan batang kuas agar lingkaran pada tengah-tengah kawat menjadi simetris. Setelah itu, tekuk kawat secara vertikal kebawah untuk rangka badan kupu-kupu untuk membentuk sebuah kait untuk memegang karet gelang seperti gambar.

3. Buatlah lingkaran pada kawat yang akan menjadi sayap atas kupu-kupudan lilit kandi sekitar pangkal kuas. Sambi lmembentuk lingkaran, pelintir kawat dengan menggunakan tangan untuk membentuk lingkaran, dan tekuk ekor kawat keluar untuk membentuk dasar untuk sayap.

4. Ambil karet gelang silikon dan hubungkan antara kawat untuk sayap dan kawat badan kupu-kupu sehingga karet silikon berada di tengah seperti pada gambar

5. Jika sudah, anda dapat mempersiapkan sayapnya dengan karton berwarna dan gambar sayapnya. Anda dapat membuat sayapnya dengan menggunakan corak seperti yang Anda inginkan. Sayap kupu-kupu tidaklah harus sempurna yang penting anda memiliki sifat kreatif untuk membuat sayapnya. Jika sudah potong sayapnya, untuk lebih nyata, berikan alur hitam dengan menggunakan spidol hitam di sisi luar sayap kupu-kupu atas dan bawah dan berilah titik-titik putih dengan menggunakan cat berwarna putih atau Tipe-X pada sisi luar yang telah diberi spidol seperti gambar.

6. Sesudah menghias sayapnya, sambungkan sayap dengan badan kawat dengan menggunakan lem atau isolasi. Dengan ini jadi sudah kupu-kupu yang cantik sudah anda dapatkan tanpa harus susah payah menangkap kupu-kupu.

7. Ternyata, kupu-kupu ini sayapnya bisa kita gerakan loh. Caranya, putar kepala kupu-kupu atau sayap atas sekitar 10-20 putaran lalu lepaskan ke udara. Dengan demikian seakan-akan kupu-kupunya bisa terbang. Namun perlu diketahui jika anda memutar terlalu kuat, maka kawat akan putus dengan mudah.

Selamat mencoba & semoga berhasil !

(Dikutip dari youaremyfave.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *